BE SMART AND HEALTHY YOUNG ENTREPRENEURS

Permasalahan narkoba telah membuat seluruh negara di dunia khawatir dan resah. United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) sebagai badan dunia yang mengurusi masalah narkotika mencatat setidaknya ada 271 juta jiwa di seluruh dunia atau 5,5 % dari jumlah populasi global penduduk dunia dengan rentang usia antara 15 sampai 64 tahun telah mengonsumsi narkoba, setidaknya orang tersebut pernah mengkonsumsi narkotika di tahun 2017 (sumber : UNODC, World Drugs Report 2019). Sementara itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat bahwa persoalan narkoba di Indonesia masih dalam kondisi yang memerlukan perhatian dan kewaspadaan tinggi secara terus menerus dari seluruh elemen bangsa Indonesia.

Letak geografis Indonesia sebagai Negara Kepulauan yang memiliki jalur transportasi dan terbuka dari berbagai sisi, menyebabkan narkoba mudah masuk dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah penduduk yang mencapai sekitar 250 juta orang menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial peredaran narkoba. Modus operandi para pengedar baik di dalam maupun luar negeri yang semakin beragam membuat Indonesia seakan kelimpungan menghadapi peredaran narkoba yang semakin marak dan canggih. Survei BNN dan LIPI pada tahun 2018 menunjukkan angka prevalensi penggunaan narkoba dikalangan pelajar/mahasiswa sebesar 3.2 % atau setara dengan 2.3 juta orang. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah preventifdari semua pihak, termasuk lembaga pendidikan, untuk memberikan kesadaran dan kewaspadaan dini terhadap ancaman dan bahaya narkoba. Apalagi mahasiswa akan menjadi pemimpin masa depan yang menjadi elemen penting penentu keselamatan nasib bangsa dalam percaturan global.

Salah satu upaya strategis yang harus dilakukan untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba adalah mengkombinasikan pemberian pengetahuan tentang ancaman dan bahaya narkoba dengan pelatihan kewirausahaan. Mahasiswa dan kaum muda yang belum terpapar narkoba diharapkan tergugah untuk focus kepada kegiatan yang bermanfaat dan memberikan manfaat positif, baik untuk diri pribadi maupun masyarakat banyak. Usaha memperkenalkan dunia kewirausahaan kepada mahasiswa juga dipandang sebagai sebuah cara untuk menghubungkan keilmuan mereka dengan sejumlah keterampilan bisnis yang diperlukan ketika berkecimpung di masyarakat dan meningkatkan daya saing dalam menghadapi dunia pasca kampus. Dengan demikian, interaksi dan proses belajar mahasiswa dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan yang berwawasan karakter dan mental bangsa, khususnya bebas narkoba, akan mampu memberikan nuansa baru ditengah kondisi ancaman narkoba dan keprihatinan ekonomi yang tengah menimpa negeri ini.

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah:

  1. Merangsang kesadaran mahasiswa akan ancaman dan bahaya narkoba, baik terhadap individu, masyarakat, maupun keselamatan bangsa;
  2. Mendorong minat mahasiswa terhadap kegiatan kewirausahaan dan aksi-aksi pencegahan dan pengentasan penyalahgunaan narkoba;
  3. Mensikronisasikan pengetahuan mahasiswa dengan dunia wirausaha agar mahasiswa memiliki kepekaan dan wawasan bisnis berbasis ilmu yang dipelajarinya;
  4. Membangun pola pikir wirausaha dan membekali mahasiswa dengan berbagai akses informasi dunia usaha, strategi membangun kemitraan, dan etika berwirausaha.

Untuk itu, ayo bergabung di Fahutan Training Series #4: Be Smart and Healthy Young Entrepreneurs pada SABTU, 29 AGUSTUS 2020 bersama para narasumber/trainer dari Badan Narkotika Nasional dan PT. Jhonson & Jhonson Indonesi, dengan moderator yang handal.

Nara Sumber :



(Kepala Seksi Pendidikan Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN))
(Ancaman dan Bahaya Narkoba di Era Revolusi Industri 4.0)


Country Leader of Communications and Public Affairs, PT. Jhonson & Jhonson Indonesia
(Pelatihan Kewirausahaan Berdasarkan Karekter Bangsa untuk Meningkatkan Daya Saing di Kancah Global)


(Perencana Muda, Biro Perencanaan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK))

Tanggal Deskripsi
Sesi Webinar/Virtual Training
29/08/2020Webinar: Ancaman dan Bahaya Narkoba di Era Revolusi Industri 4.0
Virtual Training: Pelatihan Kewirausahaan Berdasarkan Karakter Bangsa untuk Meningkatkan Daya Saing di Kancah Global
Pengumuman pelaksanaan lomba pembuatan video pendek anti narkoba dan penyusunan perencanaan bisnis
Sesi kompetisi
30/08/2020- 12/09/2020Pembuatan video pendek anti narkoba dan penyusunan perencanaan bisnis
12/09/2020Deadline pengumpulan karya
16/09/2020Pengumuman pemenang kompetisi tersebut.



Catat tanggal pentingnya!
Qori P. Ilham
+62 821 2210 4385

KOMPETISI VIDEO PENDEK ANTI NARKOBA

  1. Peserta lomba adalah mahasiswa aktif Diploma dan/atau S1 yang telah mengikuti rangkaian kegiatan FTS#4, baik secara perorangan maupun kelompok
  2. Pilihan tema video:
    • Bahaya Narkoba; atau
    • Cara Mencegah Pemakaian Narkoba
  3. Spesifikasi video:
    • Video dapat berupa film pendek, animasi, vlog, tiktok, video musik, parodi, dokumenter, atupun jenis video yang lain.
    • Format .mp4 atau .mov
    • Resolusi minimal 1280×720 pixel
    • Ukuran file maksimal 80 MB
    • Durasi antara 1 – 3 menit
  4. Peserta wajib subscribe youtube Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB: http://ipb.link/youtubefahutanipb dan mem-follow IG FTS : @webinarfahutanipb
  5. Video tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, pelanggaran Hak Cipta, dan tidak melanggar hukum/aturan yang berlaku.
  6. Peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 video.
  7. Video wajib mencantumkan judul : FAHUTAN TRAINING SERIES #4 : “Be Smart and Healthy Young Entrepreneurs dan logo IPB University sebagai penyelenggara di akhir video.
  8. Video yang dikirimkan merupakan karya asli peserta dan belum pernah dipublikasikan dan menjuarai perlombaan sebelumnya. Pelanggaran dan gugatan atas hak cipta terhadap karya, score maupun aspek lain dari karya yang dikirimkan dalam kompetisi merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari peserta dan di luar tanggung jawab panitia.
  9. Panitia berhak menggunakan video peserta selama ditujukan untuk kepentingan edukasi dan kampanye tentang anti narkoba dengan tetap mencantumkan nama pembuat video.
  10. Video diunggah pada Google Drive dan menyampaikan tautan videonya melalui surel/email ke webinarfahutanipb@gmail.com serta melampirkan scan-an Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan surat pernyataan orisinalitas karya yang ditandatangani oleh peserta dengan ketentuan:
    • Subject email : VIDEO ANTI NARKOBA FTS#4 2020
    • Nama file : FTS#4_(Nama Peserta/Perwakilan Kelompok)_(Universitas Asal)
  11. Pengumpulan video paling lambat 26 September 2020 Pukul 24.00.
  12. Video juga bisa diupload di Instagram masing-masing dan diberi tagar:

    #fahutanseries#4

    #materikaeva

    #stopnarkoba

    #cegahnarkoba                                                 

    #hidup100persen

    #spreadthespiritofprevention

  13. Pihak panitia dan dewan juri tidak bertanggung jawab atas hal apapun mengenai video yang dikirimkan apabila terjadi penuntutan kepemilikan/hak cipta atas sebagian/seluruh bagian video yang dikirim dan hal-hal lainnya yang membuat kerugian dengan nilai ataupun tanpa nilai bagi peserta maupun pihak lain.
  14. Panitia berhak mendiskualifikasi video peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
  15. Peserta dianggap telah menyetujui semua persyaratan yang ditetapkan atas karya video yang dikirim.
  16. Semua karya yang diterima akan menjadi koleksi FTS Fahutan IPB. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

TAHAP 1 > 28 September 2020

Panitia akan memilih 20 karya terbaik video yang akan dipublikasikan pada youtube Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB: http://ipb.link/youtubefahutanipb dan Instagram FTS @webinarfahutanipb untuk mengumpulkan jumlah like terbanyak hingga 15 September 2020.

TAHAP 2 > 30 September 2020

Dari nominasi 20 karya terbaik, akan dipilih 3 (tiga) pemenang dan 1 (satu) pemenang favorit.

Pengumuman pemenang kompetisi melalui website https://fahutan.ipb.ac.id/fahutan-training-series-4/ ; youtube Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB: http://ipb.link/youtubefahutanipb ; dan Instagram FTS @webinarfahutanipb

  1. Peserta memenuhi seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku
  2. Konten video sesuai dengan tema
  3. Video merupakan karya pribadi, bisa berkelompok
  4. Originalitas : karya belum pernah dipublikasikan (ide boleh sama, tetapi dalam visualisasi berbeda)
  5. Tehnik pengambilan video dan tingkat kesulitan
  6. Alur cerita yang kuat dan jelas
  7. Komposisi visual
  8. Pencahayaan
  9. Kecakapan talent (penghayatan peran, kejelasan verbal dan intonasi, penampilan yang sesuai dengan peran)
  10. Audio : pemilihan back song, kejelasan suara, kesesuaian suara dengan adegan
  11. Jumlah Like pada youtube Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB dan Instagram FTS (Juara Favorit).

Pemenang I       : Uang Tunai Rp 1.000.000,- & Cinderamata

Pemenang II      : Uang Tunai Rp 750.000,- & Cinderamata

Pemenang III     : Uang Tunai Rp 500.000,- & Cinderamata

Pemenang Favorit (like terbanyak di youtube Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB dan IG FTS) : Uang Tunai Rp 500.000,- & Cinderamata

KOMPETISI PENYUSUNAN RENCANA BISNIS KEWIRAUSAHAAN

  • Semua peserta mengirimkan proposal Business Plan dan file presentasi tentang Business Plan dalam bentuk softcopy. Makalah di kirim dalam format pdf dan file presentasi dalam format ppt. Makalah dan file presentasi dikirim/diunggah ke panitia paling lambat diterima panitia 12 September 2020 pukul 24.00 WIB melalui surel/email ke webinarfahutanipb@gmail.com. Proposal dan File Presentasi yang dikumpulkan melewati batas waktu dinyatakan gugur.
  • Pelaksanaan lomba dilakukan dalam dua tahap, yaitu babak Penyisihan dan babak Final.
  • Pada tahap penyisihan, tim juri akan menyeleksi seluruh proposal business plan. Selanjutnya tim juri akan memilih 5 (lima) proposal dengan skor tertinggi untuk diikutkan dalam Babak final.
  • Pada tahap Final, sebanyak 5 (lima) peserta yang lolos dalam seleksi tahap sebelumnya diwajibkan mempresentasikan business plan di depan tim juri. Setiap peserta disediakan waktu maksimal 20 (dua puluh) menit termasuk tanya jawab.
  1. Peserta lomba adalah mahasiswa aktif Diploma dan/atau S1 yang telah mengikuti rangkaian kegiatan FTS#4, baik secara perorangan maupun kelompok (maksimal 4 orang).
  2. Business Plan tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, dan tidak melanggar hukum/aturan yang berlaku.
  3. Proposal business plan tidak kurang dari 15 halaman dan tidak melebihi 30 halaman.
  4. Format penulisan: Font Type: Times New Roman; size: 12; Line Spacing 5.
  5. Business Plan yang diusulkan berlaku untuk perencanaan bisnis baik yang belum beroperasi ataupun untuk pengembangan usaha.
  6. Business Plan belum pernah diikutsertakan dalam lomba dan belum pernah dipublikasikan (lampirkan surat pernyataan).
  7. Business Plan adalah karya orisinal peserta, bukan merupakan plagiarisme dari business plan yang sudah ada.
  8. Perencanaan bisnis yang diusulkan diharapkan dalam bentuk produk nyata bukan sekedar produk imajinasi. Produk yang dimaksud dapat berupa makanan, minuman, kerajinan tangan dan sebagainya dengan kreativitas dan inovasi baru.
  9. Dewan juri berhak membatalkan kemenangan peserta apabila terbukti ada indikasi kecurangan.
  10. Panitia akan menjaga kerahasian proposal business plan
  11. Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
  12. Seluruh rangkaian kegiatan Kompetisi Penyusunan Rencana Bisnis (Business Plan) Kewirausahaan FTS#4 bersifat GRATIS, tidak dipungut biaya apapun.
  13. Peserta hanya dapat mengirimkan 1 business plan.
  14. Peserta wajib mengirimkan proposal dalam bentuk file PDF dan file presentasi dalam format ppt (powerpoint) melalui surel/email ke webinarfahutanipb@gmail.com serta melampirkan scan-an Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan surat pernyataan orisinalitas karya yang ditandatangani oleh peserta dengan ketentuan:
    • Subject email : BUSINESS PLAN FTS#4 2020
    • Nama file : FTS#4_(Nama Peserta)_(Universitas Asal)
  15. Pengumpulan Business Plan dan File Presentasi paling lambat Hari Sabtu, 12 September 2020 Pukul 24.00
  16. Pihak panitia dan dewan juri tidak bertanggung jawab atas hal apapun mengenai Business Plan yang dikirimkan apabila terjadi penuntutan kepemilikan/hak cipta atas sebagian/seluruh bagian Business Plan yang dikirim dan hal-hal lainnya yang membuat kerugian dengan nilai ataupun tanpa nilai bagi peserta maupun pihak lain.
  17. Peserta dianggap telah menyetujui semua persyaratan yang ditetapkan atas Business Plan yang dikirim.
  18. Semua karya yang diterima akan menjadi koleksi FTS Fahutan IPB. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  19. Pengumuman pemenang peserta yang lolos tahap seleksi dan jadwal Presentasi Proposal Bussiness Plan (Tahap Final) tanggal 26 September 2020 melalui website https://fahutan.ipb.ac.id/fahutan-training-series-4/
  20. Tahap final akan diadakan tanggal 30 September 2020 sekaligus pengumuman juara melalui website https://fahutan.ipb.ac.id/fahutan-training-series-4/
  1. Cover dan Judul.
  2. Executive summary (merupakan uraian singkat yang mencakup keseluruhan konsep/isi proposal maksimal 1 (satu) halaman).
  3. Daftar isi.
  4. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, proposal harus menjelaskan mengenai:

      • Latar belakang dan motivasi melakukan usaha.
      • Justifikasi pemilihan obyek usaha.
      • Tujuan usaha yang hendak dicapai.
  1. Analisis produk.

Produk yang dimaksud disini dapat berupa barang atau jasa. Produk yang diusulkan hendaknya mengandung suatu inovasi sehingga memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk/jasa yang sudah ada. Inovasi bisa dalam hal produk/jasa itu sendiri, proses penyampaiannya ke pelanggan atau proses produksinya. Pada bagian ini peserta harus menjelaskan:

      • Jenis dan nama produk, serta karakteristik produk.
      • Keunggulan produk dibanding produk lain yang ada di pasaran (jika ada saingan).
      • Keterkaitan dengan produk lain termasuk dalam hal perolehan bahan baku.
  1. Analisis pasar.

Pada bagian ini proposal harus memuat analisis potensi atau peluang terserapnya produk di pasar serta strategi yang akan digunakan atau diadopsi agar produk bisa bersaing dengan produk sejenis yang ada di pasar. Bagian ini harus memuat, antara lain:

      • Profil kosumen potensial.
      • Potensi dan segmentasi pasar.
      • Pesaing dan peluang pasar.
      • Media promosi yang akan digunakan.
      • Target atau rencana penjualan satu tahun.
      • Strategi pemasaran yang akan diterapkan.
  1. Analisis produksi atau operasi.

Bagian ini harus menjelaskan bagaimana produk dihasilkan. Uraian pada bagian ini akan mencakup:

      • Ketercukupan dan kontinuitas ketersediaan bahan baku, bahan penolong dan peralatan yag digunakan.
      • Proses produksi/operasi.
      • Jumlah produk yang dihasilkan dalam satu tahun (produktifitas).
  1. Analisis keuangan.
      • Investasi yang diperlukan (kebutuhan modal disertai kebutuhannya)
      • Penentuan harga pokok penjualan
      • Rencana Neraca awal dan Neraca akhir tahun
      • Rencana laporan Laba/Rugi
  1. Analisis sumber daya manusia
      • Pemanfaatan SDM
      • Kualifikasi SDM yang dibutuhkan
      • Spesifikasi jabatan (Job Description).
      • Sistem penggajian dan kompensasi.
  1. Rencana anggaran biaya.

Berisi uraian anggaran biaya antara lain meliputi:

      • Kebutuhan investasi.
      • Kebutuhan modal kerja.
  1. Peserta memenuhi seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku
  2. Sistematika penulisan.
  3. Isi proposal, meliputi:
    • Relevansi judul dengan isi proposal.
    • Orisinalitas gagasan.
    • Originalitas proposal.
    • Inovatif dan kreatif
    • Kelayakan implementasi di lapangan
    • Menyertakan detil keterangan produk yang dihasilkan (barang atau jasa) berupa visual (baik berupa foto, gambar maupun desain prototipe).

Pemenang I       : Uang Tunai Rp 1.000.000,- & Cinderamata

Pemenang II     : Uang Tunai Rp 750.000,- & Cinderamata

Pemenang III    : Uang Tunai Rp 500.000,- & Cinderamata